Pengertian Hacker LENGKAP

Posted by Rofi Senin, 03 Desember 2012 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
 Hacker adalah orang yang mempelajari, memodifikasi, mempelajari, dan menerobos suatu jaringan komputer atau website. mungkin sobat pernah mendengar kata "facebook gw di hack" nah, belum tentu itu adalah kerjaan kacker itu adalah kerjaan teman sobat atau cracker karena perlu digaris bawahi perbedaan antara hacker dengan cracker. pada kali ini saya akan posting terlebih dahulu tentang hacker. Hacker memiliki aturan sedangkan cracker tidak. Berikut peraturan dalam hacking : 

Peraturan Hacking :

  1. Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
  2. Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan/lubang di keamanan yang anda lihat.
  3. Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
  4. Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
  5. Tidak pernah mengambil risiko yang bodoh
  6. Selalu mengetahui kemampuan sendiri.
  7. Selalu bersedia untuk secara terbuka/bebas/gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metode yang diperoleh.
  8. Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
  9. Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
  10. Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang diretas.
  11. Hormati mesin yang diretas, dan perlakukan dia seperti mesin sendiri. 
Setelah sobat melihat peraturan dalam hacking, mungkin sekarang sudah terbayang kan perbedaan hacker dengan cracker? jika belum, nanti saya akan posting tentang cracker. Untuk memperjelas sobat tentang hacker, saya akan memberitahu tentang tingkatan hacker, mungkin sobat juga bisa lihat tingkat sobat dimana. berikut tingkatannya : 

Tingkatan Hacker : 

  1. Lamer:                                                                                                                                           Mereka adalah orang tanpa pengalaman dan pengetahuan yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang hacker dan ingin menjadi seperti mereka. Penggunaan komputer mereka hanyalah untuk main game, IRC, tukar-menukar perangkat lunak bajakan dan mencuri kartu kredit. Melakukan hacking menggunakan perangkat lunak trojan, nuke, dan DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel. Karena banyak kekurangan untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai tingkat developed kiddie atau script kiddie saja. 
  2. Script Kiddie:                                                                                                                                       Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktivitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup pengguna Internet. 
  3. Developed Kiddie:                                                                                                                           Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG) dan masih sekolah. Mereka membaca tentang metode hacking dan caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil dan memproklamasikan kemenangan ke peretas lainnya. Umumnya mereka masih menggunakan Grafic User Interface (GUI) dan baru belajar hal dasar dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. 
  4. Semi Elite :                                                                                                                                Hacker ini biasanya lebih muda daripada Elite. Mereka juga mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya (vulnerability)). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh hacker tingkat ini. Sialnya oleh para Elite mereka sering kali dikategorikan Lamer. 
  5. Elite :                                                                                                                                            Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka memahami sistem operasi sisi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrograman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya efisien & terampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data yang ditemui. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.




Kemudian saya akan memberitahu tentang perbedaan White Hat Hacker dan Black Hat Hacker. Mungkin jika kita mendengar namanya saja pasti sudah tahu dong perbedaannya? Yapz perbedaannya adalah dari segi Baik dan Buruk-nya. 

Pengertian White Hat Hacker : 

White Hat Hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut. Topi putih atau peretas putih adalah pahlawan atau orang baik, terutama dalam bidang komputer, dimana ia menyebut etika hacker atau penetrasi penguji yang berfokus pada mengamankan dan melindungi IT sistem. 
White Hat Hacker juga biasa disebut "Good Hacker" adalah ahli keamanan komputer, yang berspesialisasi dalam penetrasi pengujian, dan pengujian metodologi lain, untuk memastikan bahwa perusahaan sistem informasi yang aman. Pakar keamanan ini dapat memanfaatkan berbagai metode untuk melaksanakan uji coba mereka, termasuk rekayasa sosial taktik, penggunaan alat-alat hacking, dan upaya untuk menghindari keamanan untuk mendapatkan masuk ke daerah aman. 

Ciri-ciri White Hat Hacker : 
Black hat SEO taktik seperti spamdexing, berusaha untuk mengarahkan hasil pencarian ke halaman target tertentu dengan cara yang bertentangan dengan mesin pencari 'terms of service, sedangkan metode White Hat umumnya disetujui oleh mesin pencari. White Hat Hacker cenderung menghasilkan hasil yang baik dan legal, sedangkan Black Hat mengantisipasi bahwa situs mereka mungkin pada akhirnya akan dilarang baik sementara atau secara permanen setelah mesin pencari menemukan apa yang mereka lakukan. 

Black Hat Hacker 
Black Hat adalah istilah TI yang mengacu kepada para Hacker yang menerobos sistem keamanan komputer tanpa izin. nah, Black Hat ini bisa dikategorikan sebagai Cracker. 

Cara melakukan Hacking : 

  1. Hacktivist ; hacktivis adalah hacker yang menggunakan teknologi untuk mengumumkan pandangan sosial, ideologi, agama, atau pesan politik.Dalam kasus yang lebih ekstrem,hacktivism digunakan sebagai alat untuk cyberterrorism.
  2. Meretas komputer ; meretas komputer merupakan Sebuah contoh umum dari eksploitasi keamanan adengan cara injeksi SQL,melalui lubang keamanan yang mungkin disebabkan dari praktik pemrograman bawah standar. Eksploitasi lain akan dapat digunakan melalui FTP, HTTP, PHP, SSH, Telnet dan beberapa halaman web.
  3. Vulnerability scanner ; Sebuah Vulnerability scanner adalah alat yang digunakan untuk dengan cepat mengecek komputer pada jaringan untuk diketahui kelemahan.Hacker juga biasanya menggunakan port scanner.port scanner ini adalah alat untuk melihat port pada komputer tertentu untuk mengakses komputer, dan kadang-kadang akan mendeteksi program nomor versinya.firewall melindungi komputer dari penyusup dengan membatasi akses ke port
  4. Password cracking ; Password cracking adalah sebuah aplikasi yang menangkap paket data, yang dapat digunakan untuk mencuri password dan data lain dalam transit melalui beberapa jaringan.
  5. Trojan horse ; Trojan horse adalah program yang tampaknya akan melakukan satu hal, tetapi sebenarnya melakukan hal lain.Sebuah Trojan horse dapat digunakan untuk mendirikan sebuah pintu belakang dalam sebuah sistem komputer sedemikian rupa sehingga penyusup dapat memperoleh akses upa seckemudian. (Nama trojan horse merujuk pada kuda dari Perang Troya, dengan fungsi secara konseptual menipu para prajurit untuk membawa seorang penyusup masuk.)
  6. Virus ; Virus adalah sebuah program replikasi diri yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam kode executable lain atau dokumen.Dengan demikian, virus komputer berperilaku mirip dengan virus biologis yang menyebar dengan memasukkan dirinya ke dalam sel-sel hidup.
  7. Worm ; Seperti virus, worm juga merupakan program replikasi diri.Sebuah worm berbeda dari virus itu menyebar melalui jaringan komputer tanpa campur tangan pengguna.Banyak orang bingung membedakan istilah "virus" dan "worm".
  8. Spy Net ; Adalah program yang secara otomatis memata matai komputer korban, tetapi hanya jaringan internetnya saja bukan aktivitas komputernya. Biasanya masuk melalui message/ e-mail dari orang yang tak dikenal melalui video chat dan lain lain.
  9. Keylogger Adalah sebuah program yang dibuat khusus untuk memata-matai komputer tertentu dalam bentuk suara, gambar atau pun tulisan. Biasanya hanya di-inject melalui flashdiskataupun USB (Universal Serial Bus). 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar dibawah :)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Pengertian Hacker LENGKAP
Ditulis oleh Rofi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rofi-ibnu.blogspot.com/2012/12/pengertian-hacker-lengkap.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of Rofi's Blog.